Tuesday, April 12, 2016

makalah perancangan pembuatan sim secara onlen

BAB I
PENDAHULUAN


1.1          Latar Belakang
Seiring dengan adanya ujian online pada pembuatan sim yang berjalan di aceh khususnya di kapolres lhoksukon yang di perkirakan lim tahun atau mungkin sepuluh tahun kedepan akan menpermudah bagi masyarakat aceh untuk menbuat sim.
Dengan perkembangan ilmu pengetahuan  da teknologi (iptek) yang semakin canggih memungkinkan manusia bekerja dalam pembuatan SIM lebih baik lagi.
Dengan demikian mendapatkan sim sangatlah mudah akan tetapi kurang mengetahui caranya . keengganan dan kegunaannya sering terjadi berusaha untuk mencari jalan pintas ,misalnya melalui calo atau biro.sehingga bias mengeluarkan biaya cukup tinggi untuk membayar jasa calo dan biro jasa tersebut.

1.2          Tujuan penulisan
Untuk bias mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)di bidang perancangan pembuatan sim secara onlen,dan penulis di berikan kesabaran dan kemampuan dalam rangka dalam menyelesaikan makalah ini sebagai salah satu tugas mata kuliah metode penelitaian  di falkultas stmik bina bangsa cunda lhokseumawe .

1.3          Metode Dan Teknik Pengumpulan Data
A.   Golongan SIM
Surat izin mengemudi di bagi tiga golongan yaitu ;
1)    Golongan A,mengemudi mobil penumpang,mobil bus dan mobil barang yang mempunyai jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kilogram
2)    Golongan B1,untuk mengemudi mobil bsrsng ysng mempunysi jumlsh ysng berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500kilogram.
3)    Golongan B11,untuk mengemudi trsctor atau kenderaan bermotor dengsn mensrik kereta tempelan atau gandengan dengan berat lebih dari 1.000 kilogram .
4)    Golongan C,untuk mengemudi sepeda motor yang di rancang dengan  kecepatan yang tidak melebihi 40 kilo meter perjam.
5)    Golongsn D,untuk mengemudi sepeda motor yang di rancang dengan kecepatan tidak melebihi 40 meter perjam.

Setiap golongan sim berisi data mengenai:
1) Nama pemilik
2) Tempat /tanggal lahir
3) Alamat pemilik
4) pekerjaan pemilik
5) Tinggi badan pemilik
6) Tempat dan tanggal di terbitkan
7) Nama cap instalasi yang menerbitkan
8) Nama tanda tangan yang meerbitkan
9) Golongan dan nomor sim
10) Jenis surat izin mengemudi
11) Tanggal berakhir masa berlaku
12) Tanda tangan dan sidik jari pemilik
13) Pas photo dari pemilik
   
Dengan demikian permohonan SIM di ajukan kepada pelaksana penerbitan SIM dengan menggunakan formulir yang sekurang-kurangnya berisi:
1)    Nama dan alamat
2)    Jenis kelamin
3)    Kebangsaan
4)    Agama
5)    Tempat dan tanggal lahir
6)    Pekerjaan
7)    Keterangan mengenai golongan surat izin mengemudi yang di minta
8)    Keterangan mengenai jenis umum dan tidak umum surat izin mengemudi yang di minta

     

B.   Ujian
        
Ujian untuk mendapatkan sim pemohon di haruskan mengerti tentang ujian online yang terdiri dari dari ujian teori yang meliputi pengetahuan yang mengenai :
1)    Pelayanan angkutan umun
2)    jaringan
3)    Pengajian kenderaan bermotor
4)    Tata cara mengakut barang /jasa
5)    Tempat penting wilayah di masuki
6)    Semua ujian pengetahuan ini di lakukan secara manual berbentuk table

C.   Pengumpulan Hasil Ujian
1)    Hasil ujian sebagai mana di maksud di atas di umumkan selambat-lambatnya 15 menit sejak ujian di lakukan
2)    Pemohon sim yang tidak lulus ujian sebagaimana dimaksud diatas dapat mengikuti ujian ulang dalam tenggang waktu 30 menit atau menurut ketentuannya, sejak dinyatakan tidak lulus tanpa mengajukan permohonan baru Cuma memperbaiki syarat syarat yang ketentuan yag benar
3)    Peserta ujian ulang tidak lulus dapat mengikuti ujianulang setelah satu hari kerja sejak dinyatakan tidak lulus tanpa mengajukan permohonan baru.
D.   Pemohon SIM yang telah Lulus Ujian

1)    Pemohon SIM yang lulus ujian harus diberi surat izinmengemudi sesuai golongan yang dimohon selambat – lambatnya sastu hari kerja sejak bersangkutan dinyatakan lulus
2)    SIM diberikan setelah ditanda tangani dan dicap jempol kanan pemohon atau jaringan lainnya
Kasus system informasi ujian online pembuatan surat mengemudi
1)          Permasalahan pada saat ini cara ujian pembuatan SIM masi menggunaka cara manual
2)          Target system informasi secara ujian online dapat memudahkan dan menghemat waktu pada pembuatannya dengan adanya ujian secara komputerisasi kita dapat mengebangkan teknik informasi secara modern

Entitas Eksternal
-          Peserta
Peserta yaitu yang ikut atau turut berpartisipasi secara langsung dalam suatu kegiatan
-          Bank
Bank yaitu lembaga keuangan yang kegiatannya mengumpul dana ( funding ) atau menyalurkan dana ( lending ) dan menyediakan jasa – jasa lainnya ( service ) untuk kepentingan masyarakat luas demi meningkatkan taraf hidup rakyat luas.
-          KAPOLRES
KAPOLRES yaitu kepala atau pemimpin, membina dan mengkoordinasi satuan – satuan organisasi dalm lingkungan polres serta memberikan saran pertimbangan dan melaksanakan tugas lain sesuai kapolri.




BAB II
TIJAUAN TEORITIS


2.1      Pengertian Sistem Informasi
Sistem informasi adalah suatu kumpulan dari elemen – elemen informasi yang saling berkaitan dengan tujuan untuk mengeluarkan sesuatu informasi yang baik dan akurat sehingga dapat di pergunakan pengambilan keputusan.

2.2      Pengertian Computer Secara Umum
a.         Perangkat Keras ( Hardware )
            Hardware adalah perangkat keras system informasi yang   digunakan pada computer dapat dilihat programnya tapi dapat disentuh dan diperbaiki perangkatnya

b. Perangkat Lunak ( Software )
            Software ( Perangkat Lunak ) adalah system informasi yang digunakan pada computer Cuma dilihat programnya tidak dapat disentuh

c. Unsur Manusia ( Brainware )
            Brainware unsur manusia sebagai kunci yang sangat berperan, manusia hanya dapat menyelesaikan masalah dengan menggunakan metode diproses dengan computer.

2.3      Pengertian Data
Data adalah segala sesuatu yang ada di sekeliling kita, atau dimana kita berada, itulah yang disebut dengan data.

          Jelasnya data itu dapat berupa apa saja dan dapat ditemui dimana saja. Ada disebut juga data adalah kumpulan beberapa kejadian yang telah dikumpulkan dan merupakan masalah yang akan dilakukan penyelesaian.

No comments:

Post a Comment