HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1Hasil
Penelitian
1. Paparan Data
Pratindakan
Sebelum peneliti
melakukan tindakan terlebih dahulu mengadakan pertemuandengan kepala sekolah
dan guru mengajar Bahasa Indonesia pada kelas 1X/1 SMP Negeri 2 Syamtalira Aron Kabupaten Aceh
Utara.Kegiatan ini dilakukan pada
tanggal 6 November 2012 . Maksud dan
tujuan pertemuantersebut adalah untukmenyampaikan
tujuan kegiatan penelitian dan rencana pelaksanaan tes awal.Setelah kepala
sekolah memberikan kesempatan kepada peneliti,lalu peneliti menjumpai guru yang
mengajar Bahasa Indonesia pada kelas 1X/1 SMP Negeri 2 Syamtalira Aron
Kabupaten Aceh Utara untuk menetapkan jadwal penelitian yaitu dari
tanggal 7 November s.d.14 November 2012.
Hasil tes awal dari masing-masing subjek
peneliti dapat dilihat melalui tabel berikut:
Tabel
4.1Skor Tes Awal Siswa Kelas 1X/1 SMP Negeri 2 Syamtalira Aron Kabupaten Aceh
Utara
No
|
Nama
Siswa
|
Nis
|
Skor
|
Keterangan
|
|
1
|
Aris
Munandar
|
1206
|
50
|
belum tuntas
|
|
2
|
Asyarul
|
1218
|
40
|
belum tuntas
|
|
3
|
Arazi
|
1141
|
30
|
belum tuntas
|
|
4
|
Khairul
Nisah
|
1174
|
40
|
belum tuntas
|
|
5
|
Eka
Yanti
|
1144
|
40
|
belum tuntas
|
|
6
|
Fadilah
Turrahmi
|
1209
|
50
|
belum tuntas
|
|
7
|
Iskandar
|
1210
|
60
|
belum tuntas
|
|
8
|
Muhammad
|
1212
|
20
|
belum tuntas
|
|
9
|
Murdani
|
|
30
|
belum tuntas
|
|
10
|
M.
Juanda
|
1179
|
20
|
belum tuntas
|
|
11
|
Nopi
Yanti
|
1150
|
50
|
belum tuntas
|
|
12
|
Nadia
Rafika
|
1116
|
40
|
belum tuntas
|
|
13
|
Suryadi
|
1160
|
20
|
belum tuntas
|
|
14
|
Saryulis
|
1159
|
60
|
belumtuntas
|
|
15
|
Juliani
|
1116
|
50
|
belum tuntas
|
|
16
|
Tihajar
|
1118
|
45
|
belum tuntas
|
|
17
|
Rahmatillah
|
1149
|
45
|
belum tuntas
|
|
18
|
Zulfikra
|
1151
|
30
|
belum tuntas
|
|
19
|
Fikra
|
1158
|
20
|
belum tuntas
|
|
20
|
Zulfikri
|
1153
|
20
|
belum tuntas
|
|
21
|
Nida
Huzria
|
1159
|
40
|
belum tuntas
|
|
22
|
Yulia Zahra
|
1160
|
70
|
tuntas
|
|
|
Jumlah
|
|
880
|
|
|
|
Rata-Rata
|
|
X=40
|
|
Bedasarkan hasil tes
awal maka dapat diketahui bahwa skor tertinggi yang diperoleh siswa adalah 70
dan skor terendah adalah 20.Dari hasil tes awal itu pula peneliti menetapkan 5
orang siswa sebagai subjek wawancara dan menetapkan pula pasangan belajar yang
terdiri dari 4 orangsiswa tiap pasangan,dengan kriteria adalah 2 orang siswa
memiliki skor rendah.Jadi sesuai dengan jumlah siswa seluruhnya yaitu 22 orang
maka dapat dibentuk 11 pasangan.
2.
Paparan Data Tindakan Siklus I
a.
Perencana Tindakan I
Pada tahap ini
pembelajaran direncanakan satu kali pertemuan dengan waktu 2X45 menit dengan
menggunakan materi pembelajaran SQ3R, yang diikuti oleh 22 orang siswa kelas
1X/1 SMP Negeri 2 Syamtali Aron Kabupaten Aceh Utara.Kemudian peneliti menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran,lembar observasi guru siswa,pedomam wawancara.Pada pelaksanaan
penelitiaan ini,peneliti bertindak sebagai guru,sedangkan pengamat berasal
dari salah seorang guru mata pelajaran
Bahasa Indonesia di sekolah tersebut dan teman sejawat yang merupakan mahasiwa
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.Pembelajaran dilakukan kepada seluruh
siswa kelas 1X/1SMP Negeri 2 Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara.
b.
Pelaksanaan Tindakan I
Kegiatan
ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap awal,tahap inti dan tahap
akhir.Dimana masing-masing tahap diuraikan sebagai berikut:
1. Kegiatan
Awal
Pada tahap awal
pembelajaran guru membentuk kelompok belajar siswa berpasangan secara
heterogen.Kemudian guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran.Pada
tahap ini waktu yang dibutuhkan adalah 10 menit.
2. Kegiatan Inti
Pembelajaran dilakukan
sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.Pada tahap ini guru menyuruh siswa
bekerjasama saling membacakan dan menemukan frase dan kata majemuk dan memberi
tanggapan terhadap wacana dan ditulis pada lembar kertas dan mempersentasikan
/membacakan hasil pasangan pada tahap ini waktu yang dibutuhkan adalah 50 menit.
3. Tahap Akhir
Pada tahap ini
guru membuat kesimpulan bersama dan menutup pelajaran tes akhir dilaksanakan
setelah semua selesai tindakan.Tes
dilaksanakan secara individual hasil tes dapat dilihat melalui tabel 4.2
berikut ini:
Tabel 4.2 Skor Tindakan I Siswa
Kelas 1X/1 SMP Negeri 2 Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara
No
|
Nama
Siswa
|
Nis
|
Skor
|
Keterangan
|
1
|
A
ris munandar
|
1206
|
60
|
belum tuntas
|
2
|
Asyarul
|
1128
|
60
|
belum tuntas
|
3
|
Arazi
|
1114
|
60
|
belum tuntas
|
4
|
Khairul
Nisah
|
1174
|
60
|
belum tuntas
|
5
|
Eka
Yanti
|
1114
|
70
|
tuntas
|
6
|
Fazillah
Turrahmi
|
1209
|
70
|
tuntas
|
7
|
Iskandar
|
1210
|
60
|
belum tuntas
|
8
|
Muhammad
|
1212
|
60
|
belum tuntas
|
9
|
Murdani
|
1211
|
60
|
belum tuntas
|
10
|
M.
Juanda
|
1179
|
60
|
belum tuntas
|
11
|
Nopi
Yanti
|
1150
|
70
|
tuntas
|
12
|
Nadia
Rafika
|
1116
|
60
|
belum tuntas
|
13
|
Suryadi
|
1160
|
60
|
belum tuntas
|
14
|
Saryulis
|
1159
|
60
|
belum tuntas
|
15
|
Juliani
|
1116
|
70
|
tuntas
|
16
|
Tihajar
|
1118
|
60
|
belum tuntas
|
17
|
Rahmatillah
|
1149
|
70
|
tuntas
|
18
|
Zulfikra
|
1151
|
60
|
belum tuntas
|
19
|
Fikra
|
1158
|
60
|
belum tuntas
|
20
|
Zulfikri
|
1153
|
60
|
belum tuntas
|
21
|
Nida
Huzria
|
1159
|
70
|
tuntas
|
22
|
Yulia
Zahra
|
1160
|
80
|
tuntas
|
|
Jumlah
|
|
1400
|
|
|
Rata-Rata
|
|
X=63
|
|
Berdasarkan skor tes akhir tindakan I bahwa 15 orang siswa
mendapat skor <65 dan 7 orang siswa memperoleh skor ≥65.Setelah
dihitung persentase maka
keberhasilan skor tes akhir tindakan mencapai 30%.Dengan
demikian sesuai kriteria hasil pelaksanaan pembelajaran,yaitu 80%siswa memdapat
skor ≥ maka tindakan dikatakan belum berhasil.
c. Hasil
Observasis Tindakan I
Hasil observasi yang diperoleh pada
tindakan I terhadap membedakan frase dan kata majemuk dianalisis dengan
mengunakan analisis presentase.Skor yang diperoleh masing-masing indikator dijumlahkan dan hasilnya disebut
jumlah skor.Selanjutnya dihitung persentase skor rata-rata dengan skor maksimal
yang dikalikan100%,yaitu:
Skor
Persentase (SP)=
x
100%
Kriteria
taraf keberhasilan tindakan
90%≤SP≤100% : Sangat Baik
80%≤SP≤90% :Baik
70%≤SP≤80% :Cukup
60%≤SP≤70% :Kurang
0%≤SP≤60% :Sangat Kurang
Tabel 4.3 Hasil Observasi Pengamat
Terhadap Kegiatan Guru dalam PembelajaranMateri Membedakan Frase dan Kata Majemuk
pada Tindakan I
Tahap
|
Indikator
|
Pengamat I
|
Pengamat II
|
||
Skor
|
Diskriptor
|
Skor
|
Diskriptor
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Awal
|
1.
Apersepsi
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
2.
Memberika motivasi
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
3.
Membangkitkan skemata
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
4.
Menjelaskan materi pembelajaran
membedakan frase dan kata majemuk
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
Inti
|
1.
Membagikan wacana
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
2.
Memberi pentunjuk dan memberi
kesempatan pada siswa untuk memperhatikan dan mengalisis wacana
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
3.
Menyuruh bekerjasama membaca wacana
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
4.
Meminta untuk menemukan frase dan kata
majemuk
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
5.
Mengajurkan untuk memberi tanggapan
terhadap wacana
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
6.
Meminta untuk menulis tanggapan di
kertas
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
7.
Memberi penungasan kepada siswa
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
8.
Menyuruh untuk mempersentasikan/hasil
pasangan
|
3
|
1,2
|
3
|
1,2
|
|
9.
Mengarahkan siswa yang mengalami
kesulitan ketika persentasi memotivasi,dan membimbing mereka untuk dapat
menyelesaikan tugas yang telah diberikan
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
10. Meminta
siswa untuk menanggapi
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
Akhir
|
1.
Memberi umpan balik
|
4
|
1,2.3
|
4
|
1,2,3
|
|
2.
Membiarkan siswa mengerjakan latihan -
latihan yang belum selesai dikerjakan
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
Jumlah
|
70
|
|
70
|
|
Berdasarkan observasi
dua pengamat terhadap aktifitas guru,jumlah skor pengamat I adalah 70 dan
pengamat II adalah 70.Jadi Persentase yang diperoleh pengamat I adalah
82,35%dan pengamat II adalah 82,35%.Dengan demikian persentase skor rata-rata
adalah 82,35%.Berarti taraf keberhasilan aktifitas guru berdasarkan observasi
dua pengamat termasuk dalam kategori baik.
Sedangkan hasil
observasi kedua pengamat terhadap kegiatan siswa akan disajikan pada tabel4.4
berikut:
Tabel 4.4 Hasil Observasi Pengamat Terhadap Kegiatan
Siswa dalam Pembelajaran Materi Membedakan Frase dan Kata Majemuk Pada Tindakan
I
Tahap
|
Indikator
|
Pengamat I
|
Pengamat II
|
||
Skor
|
Diskriptor
|
Skor
|
Diskriptor
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Awal
|
1.
Memperhatikan apersepsi
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
2.
Menerima motivasi
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
3.
Menyimak skemata
|
5
|
1,2,3,4
|
4
|
1,2,3
|
|
4.
Memdengar danmemperhatikan penjelasan
pembelajaran membedakan frase dan kata majemuk
|
5
|
1,2,3,4
|
4
|
1,2,3
|
Inti
|
1.
Menerima wacana
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
2.
Memperhatikan dan menganalisis wacana
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
3.
Bekerjasama membacakan wacana
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
4.
Menemukan Frase dan kata majemuk
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
5.
Memberi tanggapanterhadap wacana
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
6.
Menulis tanggapan di kertas
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
7.
Menerima tugas
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
8.
Mempersentasekan/hasil Pasangan
|
3
|
1,2
|
3
|
1,2
|
|
9.
Mengaerima tugas yang telah diberikan
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
10. Memberi
tanggapan
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
Akhir
|
1.
Menerima umpa balik
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
2.
Mengerjakan latihan- latihan yang belum selesai dikerjakan
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
Jumlah
|
71
|
|
69
|
|
Berdasarkan hasil
observasi kedua pengamat terhadap kegiatan siswa selama berlangsung proses Pembelajaran, maka diperoleh skor persentase pengamat I
adalah 83,52% dan skor pengamat II adalah 81,17%.Dengan demikian dapat skor persentase
rata-rata adalah 82,34%.jadi keberhasilan proses pembelajaran terhadap kegiatan
siswa pada pelaksanaan tindakan mencapai
taraf yang baik.
Berdasarkan hasil perhitungan skor
terhadap kegiatan guru dan siswa maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan peneliti
dalam melakukan pembelajaran sudah baik,sesuai apa yang telah direncanakan.
d.Hasil
wawancara
Pelaksanaan wawancara dimaksudkan untuk
mengetahui pendapat siswa terhadap pembelajaran dan pemahaman meteri.Oleh
karena itu pertanyaan dalam format wawancara berorientasikan pada proses
berlangsungnya pembelajaran medel SQ3R, pengerjaan wacana dalam pasangan dan
tes akhir tindakan.Wawancara dilakukan setelah akhir tindakan.kegiatan
wawancara ini melibatkan 5 orang siswa
yang telah ditunjuk sebagai subjek wawancara oleh peneliti.
Berikut ini dapat diperhatikan hasil
jawaban wawancara salah satu siswa dalam penelitian ini,
1.
Siswa sangat senang
belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia.
2.
Siswa pernah mengalami
kesulitan dalam membedakan frase dan kata majemuk.
3.
Siswa belum pernah
belajar Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran SQ3R.
4.
Setelah belajar Bahasa
Indonesia model pembelajaran SQ3R,siswa
senang karena dapat menyimpulkan
permasalahan dengan mudah.
5.
Setelah belajar Bahasa
Indonesia dengan model pembelajaran SQ3R,siswa dapat meningkatkan pemahaman
pada materi membedakan frase dan kata majemuk.
6.
Dalam belajar Bahasa Indonesia
terutama materi membedakan frase dan kata majemuk,menurut siswa sangat perlu
diterapkan model pembelajaran bertanya,karena dapat meningkatkan persentase
belajar.
Berdasarkan hasil wawancara terlihat
jelas bahwa tanggapan siswa terhadap model pembelajaran SQ3R sangat baik, mereka sangat senang.Karena
dengan pembelajaran tersebut mereka dapat bekerjasama dengan teman-teman dalam
satu pasangandalam menyelesaikan suatu topik.Sehingga kesulitan yang dialami
siswa dapat teratasi,siswa yang memiliki kemampuan dalam bidang tertentu dapat
mengajarkan kepada temanya yang mengalami kesulitan.
Sehubungan dengan pemahaman siswa
terhadap materi membedakan frase dan kata majemuk yang diajarkan dengan model
pembelajaran SQ3R,siswa menyatakan bahwa pembelajaran ini mudah dalam
memahaminya.
e.Hasil Cacatan
Lapangan
Pelaksanaan cacatan lapangan dimaksudkan
untuk mengetahui hal-hal yang tidak terlibat dalam observasi terhadap pembelajaran dan pemahaman
materi.Oleh karena itu hal-hal tersebut berorientasikan pada proses
berlangsungnya pembelajaran model pembelajaran SQ3R.
f.
Analisis dan Reflaksi Tindakan I
a.Analisis
Berdasarkan hasil tes,observasi, wawancara dan cacatan
lapangan dengan subjek dan diskusi dengan pengamat pada pembelajaran tindakan
I,maka diperoleh analisis sebagai
berikut:
1.
Kelas menjadi lebih
hidup karena siswa mau berkerjasama dengan pasangan ,
sehingga bisa mempresentasikan di depan
kelas dan bisa membuat kesimpuladari kegiatan mereka.
2. Berdasarkan
hasil pengamat terhadap aktifitas guru
(peneliti) sudah termasuk
kategori baik dan
aktifitassiswa selama pembelajaran sudah tergolong baik.
3.
Berdasarkan hasil tes
akhir tindakan I diperoleh data bahwa 30% siswa mendapat skor ≥ 65 sehingga kriteria
keberhasilan belum tercapai.
4.
Berdasarkan hasil
wawancara siswa dapat disimpulkan bahwa siswa senang dengan model pembelajaran
SQ3R dan pemahaman siswa terhadap materi membedakan frase dan kata majemuk
sudah meningkatkan
5.
Berdasarkan hasil
cacatan lapangan tindakan dapat disimpulkan bahwa siswa masih ragu-ragu dalam
proses belajar mengajar. Siswa belum berubah tingkahlakunya.
b. Refleksi
Adapun hasil observasi yang dilaksanakan oleh kedua pengamat
pada pelaksanaan tindakan serta hasil
tes yang diperoleh siswa pada tes akhir tindakan,dapat dijelaskan /dipahami
bahwa pelaksanaan tindakan sudah dapat dikatakan sudah berhasil.Hasil
pengamatan dan hasil tes pada pelaksanaan di atas yaitu:
1.
Berdasarkan hasil
observasi yang dilakukan oleh 2 orang guru pengamat terhadap kegiatan guru dan
siswa menunjukkan bahwa pembelajaran telah berlansung dengan sangat baik.Adapun
hasil yang dilakukan oleh pengamat I terhadap kegiatan guru diperoleh presentase
rata-rata adalah 82,35% dan pengamat II adalah 82,35% .Sedangkan hasil
observasi yang dilaksanakan oleh pengamat I terhadap kegiatan siswa adalah
83,52% dan pengamat II adalah 81,17%.
2.
Berdasarkan hasiltes
yang diukur melalui pelaksanaan tes akhir pada tindakan siklus I, siswa yang
memperoleh skor ≥ 65 adalah sebanyak 7 orang,sehingga persentase nilai
rata-rata adalah
x10% =31,18%.
3.
Hasil observasi telah mencapai
skor8%,sedangkandari kriteria hasil pelaksanaan tindakan telah berhasil
89% siswa mendapat skor ≥ 65 yang diukur
melalui pelaksanaan tes akhir.Hal ini tidak sesuai dengan kriteria keberhasilan
yang dikemukakan oleh Usman ddk (2008:
23) yaitu: ”pelaksanaan tindakan telah berhasil jika hasilobservasi telah
mencapai skor ≥ 80%.Sedangkan hasil adalah jika ≥ 80% siswa mencapai skor ≥ 65 pada tes akhir tindakan”
.Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan
tindakan siklus II telah berhasil dan tidak perlu lagi dilakukan pengulangan
siklus.
Berdasarkan analisis dan refleksi yang diuraikan
di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tindakan Ibelum berhasil dan
siswa belum memahami materi membedakan
frase dan kata majemuk,sehingga perlu dilakukan siklus ke II.
3.Paparan
Data Tindakan II
Pembelajaran
pada tindakan II adalah pada materi membedakan frase dan kata majemuk dengan
model pembelajaran SQ3R pada siswa kelas
1X/1 SMP Negeri 2 Syamtalira Aron
Kabupaten Aceh Utara. Adapun
langkah –langkah perencanaanya:
a.Perencanaan
Tindakan II
Pada tahap ini
pembelajaran direncanakan satu kali pertemuan dengan waktu 2 x 45 menit dengan
model pembelajaran SQ3R,yang diikuti oleh 22 orang siswa kelas 1X/1 SMP Negeri 2 Syamtalira Aron
Kabupaten Aceh Utara. Kemudian peneliti menyusun rencana pembelajaran, lembar
observasi guru dan siswa,pedoman wawancara.Pada pelaksanaan peneliti
ini,bertindak sebagai guru,sedangkan pengamat berasal dari salah seorang guru
mata pelajaran di sekolah tersebut dan teman sejawat yang merupakan mahasiswa
Program Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia.Pembelajaran dilakukan kepada seluruh siswa kelas 1X/1 SMP Negeri 2
Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara.
b.
Pelaksanaan Tindakan II
Kegiatan ini dilaksanakan atas tiga tahap yaitu tahap awal, tahap
inti dan tahap akhir.Masing –masing dapat dijelaskan sebagai berikut:
Sesuai dengan rencana yang telah disusun,pelaksanaan
tindakan pembelajaran berikut dengan pengajaran materi membedakan frase dan
kata majemuk pembelajaran dilakukan pada seluruh siswa kelas 1X/1 SMP Negeri 2
Syamtalira Aron Kabupaten Aceh utara yang dibagikan 11 pasangan.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga
tahap yaitu tahap awal,tahap inti dan tahap akhir.Dimana masing-masing
diuraikan sebagai berikut:
1.
Kegiatan Awal
Pada tahap awal pembelajaran guru
membentuk pasangan yang anggota 4 orang secara heterogen. Kemudian guru
memberika wacana sesuai dengan topik pembelajaran pada tahap ini waktu yang di
butuhkan 10 menit.
2.Kegiatan
Inti
Pembelajaran dilakukan sesuai waktu
yang direncakan. Pada tahap ini menyuruh siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan frase dan
kata majemuk dan memberi tanggapan terhadap wacana di tulis pada lembar kertas
dan mempersentasikan/membacakan hasil pasangan pada tahap ini waktu yang dibutuhkan
adalah 50 menit.
3 Kegitan Akhir
Pada tahap ini guru memberi kesimpulan
bersama dan menutup pelajaran tes dilaksanakan secara individual hasil tes
dapat lihat melalui tabel 4.6 sebagai berikut:
Tabel 4.5 Skor Tes Tindakan II Siswa Kelas 1X/1 SMP Negeri 2 Syamtalira
Aron Kabupaten Aceh Utara.
No
|
Nama
Siswa
|
Nis
|
Skor
|
Keterangan
|
1
|
Aris
Munandar
|
1206
|
75
|
tuntas
|
2
|
Asyarul
|
1218
|
75
|
tuntas
|
3
|
Arazi
|
1141
|
75
|
tuntas
|
4
|
Khairul
Nisah
|
1174
|
75
|
tuntas
|
5
|
Eka
Yanti
|
1144
|
80
|
tuntas
|
6
|
Fadilah
Turrahmi
|
1209
|
80
|
tuntas
|
7
|
Iskandar
|
1210
|
75
|
tuntas
|
8
|
Muhammad
|
1212
|
70
|
tuntas
|
9
|
Murdani
|
1211
|
75
|
tuntas
|
10
|
M.
Juanda
|
1179
|
60
|
belum tuntas
|
11
|
Nopi
Yanti
|
1150
|
80
|
tuntas
|
12
|
Nadia
Rafika
|
1116
|
75
|
tuntas
|
13
|
Suryadi
|
1160
|
60
|
belum tuntas
|
14
|
Saryulis
|
1159
|
75
|
tuntas
|
15
|
Juliani
|
1116
|
80
|
tuntas
|
16
|
Tihajar
|
1118
|
80
|
tuntas
|
17
|
Rahmatillah
|
1149
|
80
|
tuntas
|
18
|
Zulfikra
|
1151
|
75
|
tuntas
|
19
|
Fikra
|
1158
|
70
|
tuntas
|
20
|
Zulfikri
|
1153
|
60
|
belum tuntas
|
21
|
Nida
Huzria
|
1159
|
75
|
tuntas
|
22
|
Yulia
Zahra
|
1160
|
90
|
tuntas
|
|
Jumlah
|
|
1670
|
|
|
Rata-rata
|
|
X=75
|
|
Berdasarkan hasil tes akhir tindakan II bahwa 3 orang
siswa mendapat nilai < 65 dan 19
orang siswa memperoleh skor ≥ 65.Jumlah persentase pada siklus II
X 100 =
x 100 =86,36%, maka keberhasilan skor tes akhirtindakan
mencapai 75%. Dengan demikiam sesuai kriteria hasil pelaksanaan pembelajaran,
yaitu 75% siswa mendapat skor ≥ 65 maka tindakan dikatakan berhasil.Sedangkan 3 siswa
tersebut peneliti melakukan pendekatan dengan memberikan arahan dan bimbingan
agar mereka lebih giat lagi untuk belajar,sehingga dapat mengejar ketinggalan
dari materi yang diikuti siswa.
c.
Hasil Observasi Tindakan II
Hasil observasi yang diperoleh pada tindakan II terhadap
materi membedakan frase dan kata majemuk dianalisis dengan menggunakan analisis
persentase.Skor yang diperoleh masing-masing indikator dijumlahkan dan hasilnya
disebut jumlah skor.Selanjutnya dihitung persentase skor rata-rata dengan skor
maksimal yang dikalikan 100%,yaitu:
Skor Persentase
(SP) =
x100%
Kriteria taraf
keberhasilan tindakan :
90% ≤ SP ≤ 100% :Sangat
Baik
80 % ≤SP ≤90% :Baik
70% ≤SP ≤ 80% :Cukup
60% ≤ SP ≤70% :Kurang
0 % ≤ SP ≤ 60% :Sangat Kurang
Tabel 4.6 Hasil
Observasi Pengamat Terhadap Kegiatan Guru dalam Pembelajaran Materi Membedakan
frase dan kata majemuk pada tindakan II
`
Tahap
|
Indikator
|
Pengamat
I
|
Pengamat
II
|
||
Skor
|
Diskriptor
|
Skor
|
Diskriptor
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Awal
|
1. Memperhatikan apersepsi
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
2. Menerima motivasi
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
3. Menyimak skemata
|
5
|
1,2,3,4
|
4
|
1,2,3
|
|
4Mendengarkan dan memberikan penjelasan
pembelajaran membedakan frase dan kata majemuk
|
5 5
|
1,2,3,4
|
4
|
1,2,3
|
|
Inti
|
1. 1. Memerima wacana
|
4
|
1,2,3
|
3
|
1,2
|
2. memperhatikan dan menganalisis wacana
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3
|
|
3.
Menyuruh bekerjasama membacakan
wacana
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
4.
Meminta untuk menemukan
frase dan kata majemuk
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
5.
Mengajurkan untuk memberi
tanggapan terhadap wacana
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
6.
Meminta untuk menulis
tanggapan di kertas
|
5
|
1,2,3
|
5
|
1,2,3
|
|
7.
Menerima tugas
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
8.
mempersentasikan/hasil
pasangan
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
9.
Menerima tugas yang
diberikan
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
10.
Memberi tanggapan menanggapi
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
Akhir
|
1.
Memerima umpa balik
|
5
|
1,2.3’4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
2.
Mengerjakan latihan –latihan
yang belum selesai dikerjakan
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
Jumlah
|
79
|
|
78
|
|
Berdasarkan observasi dua pengmat terhadap aktifitas
guru,jumlah skor pengamat I adalah 79dan pengamat II adalah 78.Jadi persentase
yang diperoleh pengamat I adalah 92,94%dan pengamat II adalah 91,76%.Dengan
demikiam persentase skor rata-rata adalah92,35%.Berarti taraf keberhasilan aktifitas
guru berdasarkan observasidua pengamat termasuk sangat baik.
Sedangkan hasil observasi kedua pengamat terhadap
kegiatan siswa akan disajikan pada tabel 4.7 berikut:
Tabel 4.7 Hasil
Observasi Kegiatan Siswa dalam Pembelajaran Materi Membedakan frase dan kata
majemuk pada tindakan II
Tahap
|
Indikator
|
Pengamat
I
|
Pengamat
II
|
||
Skor
|
Diskriptor
|
Skor
|
Diskriptor
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Awal
|
1.
Memperhatikan apersepsi
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
2.
Memerima motivasi
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
3.
Memyimak skemata
|
5
|
1,2,3
|
5
|
1,2,3,4
|
|
4.
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan pembelajaran membedakan pembelajaran membedakan frase dan kata
majemuk
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
Inti
|
1.
Menerima wacana
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
2.
Memperhatikan dan
menganalisis wacana
|
4
|
1,2,3
|
5
|
1,2,3,4
|
|
3.
Bekerjasama membacakan wacana
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
4.
Mememukan frase dan kata
majemuk
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
5.
Memberi tanggapan terhadap
wacana
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
6.
Menulis tanggapan di kertas
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
7.
Memerima tugas
|
4
|
1,2,3
|
4
|
1,2,3
|
|
8.
Menyuruh untuk
mempersentasikan/hasil pasangan
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
9.
Menerimatugas yang diberikan
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
10.
Memberi tanggapan
|
5
|
1,2,3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
Akhir
|
1 .Memberi umpan balik
|
5
|
1,2.3,4
|
5
|
1,2,3,4
|
|
2.
Mengerjakan latihan-latihan
yang belum selesai dikerjakan
|
5
|
1,2,3,4
|
4
|
1,2,3
|
|
Jumlah
|
80
|
|
79
|
|
Berdasarkan hasil observasi kedua pengamat terhadap
kegiatan siswa selama berlangsung proses pembelajaran, maka diperoleh skor persentase
pengamat I adalah94,11%.Dan skor persentase pengamat II adalah 92,94%. Dengan
demikian didapat persentase rata-rata
adalah 93,52%. Jadi keberhasilan proses
pembelajaran terhadap kegiatan siswa pada pelaksanaan mencapai taraf sangat
baik.
Berdasarkan hasil perhitungan skor persentase terhadap
kegiatan guru dan siswa maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan peneliti dalam
melakukan Pembelajaran dan kegiatan siswa dalam mengikuti pelajaran sudah
sangat baik yaitu sesuai apa yang telah direncanakan
d.Hasil
Wawancara
Wawancara dilakukan untuk mengetahui pendapat siswa
terhadap pembelajaran yang dilakukan dan pemahaman siswa terhadap materi.Oleh
karena itu pertanyaan dalam format wawancara berkaitan dengan model
pembelajaran SQ3R.Wawancara dilakukan setelah tes akhir tindakan.Kegiatan
wawancara ini hanya melibatkan 5 orang siswa yang telah ditunjuk sebagai subjek
wawancara.
Berikut ini dapat diperhatikan hasil jawaban wawancara
salah satu siswa dalam penelitian ini,
1.Siswa sangat senang belajar Bahasa
Indonesia
2.Siswa pernah mengalami kesulitan dalam
membedakan frase dan kata majemuk.
3.Siswa belum pernah belajar Bahasa
Indonesia dengan model pembelajaran
SQ3R.
4.Setelah belajar Bahasa Indonesia
dengan model pembelajaran SQ3R,siswa senang karena dapat menyimpulkan
permasalahan dengan mudah.
5. Setelah belajar Bahasa Indonesia
dengan model pembelajaran SQ3R,siswa dapat meningkatkan pemahaman pada materi
membedakan frase dan kata majemuk.
6.Dalam belajar Bahasa Indonesia terutama materi membedakan frase dan kata
majemuk,menurut siswa sangat perlu diterapkan model pembelajaran
bertanya,karena dapat meningkatkan prestasi belajar.
Berdasarkan hasil wawancara terlihat jelas bahwa tangapan
siswa terhadap pembelajaran SQ3R sangat baik,mereka sangat senang.Karena dengan
pembelajaran tersebut mereka dapat bekerjasama
dengan teman-teman dalam satu pasangan dalam menyelesaikan suatu
topik.Sehingga kesulitan yang dialami siswa dapat teratasi,siswa yang memiliki
kemanpuan dalam bidang tertentu dapat mengajarkan kepada temannya yang
mengalami kesulitan.
Berdasarkan paparan di atas hasil wawancara dengan siswa dapat disimpulkan bahwa siswa senang
dengan model pembelajaran SQ3R. Karena dengan pembelajaran tersebut mereka
dapat berkerjasama dan berdiskusi dengan teman–teman dalam satu pasangan untuk
menyelesaikan soal-soal. Di samping itu, mereka juga dapat mengemukakan
pendapat untuk dipecahkan bersama.Sehingga kesulitan yang dialami siswa dapat
teratasi.
Dengan model pembelajaran SQ3R siswa menyatakan bahwa
mereka dapat dengan mudah memahami materi membedakan frase dan kata majemuk .
Sedangkan tanggapan siswa tentang penggunaan model pembelajaran ke depan mereka
menyatakan sangat menyukai digunakan model pembelajaran SQ3R, baik pelajaran Bahasa
Indonesia maupun pelajaran lainya.
e.Hasil
Cacatan Lapangan
Pelaksanaan cacatan lapangan dimaksudkan untuk mengetahui
hal-halyang tidak terlibat dalam observasi terhadap pembelajaran dan pemahaman
materi.Oleh karena itu hal-hal tersebut berorientasikan pada proses berlangsungnya
pembelajaran model pembelajaran SQ3R,tes akhir tindakan.
F.
Analisis dan Refleksi Tindakan II
a.Analisis
Berdasarkan hasil observasi,wawancara dengan subjek dan
diskusi pengamat pada pembelajaran tindakan II,maka diperoleh analisis sebagai
berikut:
1.Pada
pelaksanaan tindakan II terlihat siswa aktif dalam pembelajaran. Siswa saling
membantu dalam menyelesaikan tugas pasangan, siswa tidak lagi malu dalam
bertanya dan mengemukakan pendapat kepada teman, semua pasangan aktif dalam
menyelesaika tugas, sehingga pembelajaran mengalami peningkatan.
2.
Siswa telah dapat menciptakan suasana belajar dengan pasangan yang baik,mereka
saling menghargai pendapat teman sehingga belajar dalam pasangan menjadi hidup.
3.
Berdasarkan hasil pengamatan pengamat aktifitas peneliti dan siswa selama
pembelajaran berlangsung sudah tergolong baik.
4.
Berdasarkan hasil tes akhir tindakan II diperoleh data bahwa 85% siswa mendapat
skor ≥ 65,sehingga kriteria keberhasilan dapat tercapai.
5.Dari
hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa para siswa senang dengan model
pembelajaran SQ3R, yang diterapkan pada materi membedakan frase dan kata
majemuk.
6.Berdasarkan
hasil cacatan lapangan tindakan dapat disimpulkan bahwa siswa masih ragu-ragu
dalam proses belajar mengajar. Siswa belum berubah tingkah lakunya.
b. Refleksi
Adapun hasil observasi yang dilaksanakan oleh kedua
pengamat pada pelaksanaan tindakan serta hasil tes yang diperoleh siswa pada
tes akhir tindakan,dapat dijelaskan /dipahami bahwa pelaksanaan tindakan sudah
dapat dikatakan berhasil.Hasil pengamat dan hasiltes pada pelaksanaan di atas yaitu:
1.
Berdasarkan hasil
observasi yang dilakukan oleh 2 orang guru pengamat terhadap kegiatan guru dan
siswa menunjukkan bahwa pembelajaran telah berlangsung dengan sangat
baik.Adapun hasil pengamatan yang dilaksanakan oleh pengamat yang dilaksanakan
oleh pengamat I terhadap kegiatan guru diperoleh presentase rata-rata adalah
92,94% dan pengamat II 9I,76%. Sedangkan hasil observasi yang dilaksanakan oleh
pengamat I terhadap kegiatan siswa adalah 94,94% dan pengamat II adalah 92,94%.
2.
Berdasarkan hasil tes
yang diukur melalui pelaksanaan tes akhir pada tindakan siklus II,siswa yang
memperoleh skor ≥ 65 adalah sebanyak19 orang,sehingga persentase nilai rata-rata
adalah
19x100% =86,36%.
3.
Hasil observasi telah
mencapai skor ≥ 80%,sedangkan dari kriteria hasil pelaksanaan tindakan telah
berhasil 89%, siswa mendapat skor ≥ 65 yang diukur melalui pelaksanaan tes
akhir. Hal ini tidak sesuai dengan kriteria keberhasilan yang dikemukakan oleh
Usman ddk (2008: 23) yaitu “pelaksanaan
tindakan dianggap berhasil jika hasil observasi telah mencapai skor ≥
80%. Sedangkan kriteria hasil adalah
jika ≥ 80% siswa mencapai skor ≥ 65 pada tes akhir tindakan”.Berdasarkan
hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tindakan siklus II sudah
berhasil dan siswa sudah dapat memahami materi membedakan frase dan kata
majemuk,sehingga tidak perlu dilakukan siklus ke II.
g.Temuan
Penelitian
a. Temuan tindakan I.
1. Siswa
merasa senang dengan model pembelajaran SQ3R yang diterapkan karena mereka bisa
saling bertukar pikiran,saling bertanya dan saling berkerjasama.
2. Siswa
dapat memahami materi membedakan frase dan kata majemuk dengan model
pembelajaran SQ3R.
3. Respon
siswa terhadap pembelajaran pada materi membedakan frase dan kata majemuk
dengan model pembelajaran SQ3R sudah baik.Hal ini dapat dilihat dari hasil
wawancara.
4. Antusiasme
siswa serta keaktifan mereka dalam mengikuti serangkaian proses pembelajaran khususnya
dalam belajar berpasangan sangat baik.
b.Temuan
tindakan II.
1.
Respon siswa terhadap
pembelajaran pada materi membedakan frase dan kata majemuk dengan model
pembelajaran SQ3R sangat baik.Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dan
hasil pengamatan yang dilakukan oleh 2 orang pengamat.
2.
Kemanpuan siswa dalam
memahami materi membedakan frase dan kata majemuk sudah ada peningkatan.
3.
Siswa terlihat aktif
dalam pembelajaran materi membedakan frase dan kata majemuk.
4.
Kerjasama siswa dalam
mengerjakan soal-soal dalam pasangan semakin kompak dan hasil kerjanya pun
sudah terlihat baik.
c.Temuan Umum
Penelitian.
1. Siswa
terlihat aktif dalam pembelajaran materi membedakan frase dan kata majemuk yang
dilakukan dengan model pembelajaran SQ3R.
2. Siswa
senang dengan model pembelajaran SQ3R yang diterapkan olehguru dalam
pembelajaran materi menggunakan karena mereka bisa saling bertukar
pikiran,saling bertanya dan berkerjasama.
3. Siswa
tidak mengalami kesulitan dalam belajar materi membedakan frase dan kata
majemuk dengan model pembelajaran SQ3R.
4. Aktifitas
guru dan siswa selama pembelajaran sudah tergolong sangat baik.
4.2
Pembahasan
Berdasarkan uraian dari hasil penelitian mulai dari
pelaksanaan tindakan siklus I yang meliputi
observasi, wawancara dan cacatan lapangan .Hasil observasi menunjukkan
bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran SQ3R di kelas 1X/1 SMP Negeri 2
Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara pada materi membedakan frase dan kata majemuk dapat
meningkatkankeaktifan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.Dimana
hasil observasi yang dilakukan oleh pengamat I terhadap aktifitas guru
diperoleh persentase adalah 82,35% dan pengamat II diperoleh 82,35%.Observasi
yang dilakukan pengamat I terhadap
aktifitas siswa diperoleh persentase
adalah 83,52% dan pengamat II diperoleh persentase aran adalah 81,17%.Tetapih
ditinjau dari segi hasil pembelajaran
pada tindakan siklus 1 belum berhasil.Hal ini karena siswa yang
mendapatkan nilai ≥ 65 adalah sebanyak 7 orang,sehingga persentase nilai
rata-rata siswa adalah 31,81%.Sehingga
perlu dilakukan pengulangan siklus.
Hasil pelaksanaan
tindakan siklus IIyang meliputi observasi,wawancara dan cacatan lapangan.Hasil
observasi menunjukkan bahwa pembelajaran
dengan model pembelajaran SQ3R pada
siswa kelas 1X/1 SMP Negeri 2 Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara pada materi
membedakan frase dan kata majemuk dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.Dimana hasil
observasi yang dilakukan oleh pengamat I terhadap aktifitas guru diperoleh persentase
adalah 92,94% dan pengamat II diperoleh persentase 91,76%. Observasi yang
dilakukan pengamat I terhadap aktifitas siswa diperoleh persentase adalah
94,II%. Dan Pengamat II diperoleh persentase adalah 92,94%. Selanjutnya ditinjau dari hasil
pelaksanaan tes akhir pada pelaksanaan
tindakan siklus II terlihat bahwa siswa yang mendapat skor ≥ 65 adalah
sebanyak 19 orang, sehingga persentase nilai rata-rata siswa adalah 86,36% dan
siswa yang mendapat nilai ≥ 65 telah mencapai ≥ 80.
Sementara itu,hasil wawancara dengan siswa kelas 1X/1 SMP
Negeri 2 Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara yang merupakan responden dalam
penelitian ini juga menunjukkan bahwa di sekolah tersebut menyukai pelaksanaan
kegiatan belajar dengan model pembelajaran karena denga model pembelajaran tersebut
akan meningkatkan kemampuan membedakan frase dan kata majemuk. Selain itu menurut merekabelajar dengan model
pembelajaran SQ3R akan memudahkan mereka dalam memahami materi yang disajikan
melalui kerja sama yang dilakukan dengan sesama anggota kelompok.
Dengan demikian, bahwa pembelajaran model SQ3R merupakan
salah satu alternatif penting yang diterapkan oleh guru dalam pelajaran di sekolah untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi
membedakan frase dan kata majemuk.
Dari hasil wawancara dan pengamatan serta hasil kerja
siswa terlihat bahwa subjek penelitian senang dengan belajar Bahasa Indonesia
secara berpasangan, serta dapat menghilangkan kesulitan dalam belajar Bahasa
Indonesia secara berpasangan. Peneliti mendapatkan hasil tes akhir tindakan I
dan pada tes akhir tindakan II semuanya mampu dikerjakan dengan benar. Sebelum
dilakukan tidakan siswa kesulitan dalam belajar Bahasa Indonesia penyebabnya
adalah karena kurangnya kesiapan siswa untuk mempelajari bidang studi tersebut.
Akan tetapih hal tersebut dapat
teratasi dengan baikkarena siswa telah memahami konsep-konsep Bahasa Indonesi
dengan baik melalui pengajaran yang dimulai dari konkret ke abstrak. Oleh
karena itu guru hendaknya merancang tiga tahapan belajar, yaitu konkrek,
reprentasional,dan abstrak. Pada tahap konkret siswa memanipulasi berbagai
objek nyata dalam belajar ketrampilan. Sebagai contoh, pada tahap konkret siswa
harus melihat. Pada tahap represetasoinal, suatu gambar dapat mewakili objek
nyata dan pada tahap abstrak, angka akhirnya menggatikan gambar atua symbol
grafiks.
Untuk mengatasi kesulitan siswa dalam materi
membedakan frase dankata majemuk dapat dilakukan dengan model pembelajaran
SQ3R, dimana siswa belajar secara berpasangan sehingga berbagai masalah dapat
dipecahkan bersama dan untuk dimengerti bersama , semua anggota pasangan dapat
berbagi pengalaman tentang materi yang dibahas.
BAB
V
PENUTUP
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah
peneliti paparkan pada bab-bab
sebelumnya, maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan.
5.1 Simpulan
1. Sebelum
peneliti mengadakan kegiatan pembelajaran membedakan frase dan kata majemuk
dengan model pembelajaran SQ3R terlebih
dahulu peneliti memberikan tes awal dengan alokasi waktu 40 menit, tes awal ini
bertujuan untuk mengetahui
prasyarat yang dimiliki siswa kelas 1X/1
SMP Negeri 2 Syamtalira Aron
Kabupaten Aceh Utara dan setelah
hasil kerja siswa diperiksa nilai
rata-rata masih rendah.
2. Berdasarkan
hasil tes awal peneliti melakukan konsultasi dengan guru mata pelajaran Bahasa
Indonesia berkaitan dengan pelaksanaan tindakan peneliti lakukan, maka
diputuskan untuk melaksanakan pembelajaran
membedakan frase dan kata majemuk dengan model pembelajaran SQ3R,
setelah pembelajaran dilalui kemudian peneliti melaksanakan tindakan siklus I.
Hasil yang diperoleh siklus I mengalami peningkatan, dan dinyatakan belum
berhasil karena nilai tidak mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan.
3. Dengan
berpedoman pada hasil tes yang dilakukan
pada siklus I maka perlu diadakan perulangan siklus selanjutnya, yaitu siklus
II. Adapun hasil tes akhir yang diperoleh siswa pada siklus I adalah siswa yang
mendapat nilai
adalah7 orangatau 30%. Dengan demikian
pelaksanaan siklus I belum berhasil.
4. Pelaksanaan
siklus I menunjukkan belum adanya peningkatan aktifitas guru dan siswa. Hasil
pengamatan kegitan siswa oleh pengamat I memperoleh skor 82,35%, pengamat II
82,35%, sehingga persentase rata-rata menjadi 82,35%. Selanjutnya hasil
pengamatan kegiatan siswa oleh pengamat I memperoleh skor 83,52%, dan pengamat
II memperoleh skor juga 81,17%, sehingga persentase rata-rata menjadi 82,34%. Sedangkan hasil tes akhir
tindakan siklus I menunjukkan siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 adalah 7 orang
atau 31,18%.
5. Pelaksanaan
siklus II menunjukkan adanya peningkatan aktifitas guru dan siswa. Hasil
pengamatan kegiatan guru oleh pengamat I memperoleh skor 92,94%, pengamat II
91,76%, sehingga presentase rata-rata menjadi 92,35%. Selanjutnya hasil
pengamatan kegiatan siswa oleh pengamat I memperoleh skor 94,11%, dan pengamat
IImemperoleh skor juga 92,94%, sehingga presentase rata-rata mejadi 93,52%.
Sedangkan hasil tes akhir tindakan siklu II menunjukkan siswa memperoleh nilai
≥ 65 adalah 19 orang atau 86,36 %.
6. Pelaksanaan
tes awal prasyarat tanpa melaksanakan pembelajaran membedakan frase dan kata
majemuk dengan model pembelajaran SQ3R dengan tes tidakan siklus I dan II
mengalami peningkatan.
5.2
Saran-saran
Berdasarkan
uraian di atas saran yang dapat peneliti paparakan pada bagian ini adalah
sebagai berikut:
1) Hendaknya
guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan sastra indonesia pembelajaran
membedakan frase dan kata majemuk dengan model pembelajaran SQ3R, metode
tersebut sangat tepat untuk pembelajaran membedakan frase dan kata majemuk.
2) Hendaknya
guru mata pelajaran yang lain dapat menerapkan metode pembelajaran membedakan
frase dan kata majemuk dengan model pembelajaran SQ3R pada materi yang sesuai
agar hasil pembelajaran meningkatkan, karena metode ini dapat menciptakan
suasana belajar lebih hidup, siswa merasa senang, bersemangat, aktif, dan lebih
mandiri dalam mengerjakan tugasnya.
3) Pelaksanaan
proses belajar mengajar dengan model pembelajaran SQ3R membutuhkan waktu yang
agak relatif lama. Oleh sebab itu kepada guru yang ingin menggunakan model
pembelajaran ini diharapkan dapat memanfaatkan waktu.
4) Hendaknya
guru dapat lebih tampil dalam memilih metode-metode yang lain dan dapat
menerapkannya sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
No comments:
Post a Comment