Tuesday, April 5, 2016

makalah sejarah tentang kelhiran nabi muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad Saw.
Dikala umat manusia dalam kegelapan dan kehilangan pegangan hidupnya. Lahirlah kedunia dari keluarga yang sederhana, dikota mekah, seorang bayi yang kelak membawa perubahan besar bagi sejarah peradaban dunia. Bayi itu yatim, bapaknya yang bernama Abdullah meninggal ± 7 bulan sebelum dia lahir. Kehadiran bayi itu disambut oleh kakeknya Abdullah muththalib dengan penuh kasih saying dan kemudian bayi itu diberi nama Muhammad suatu nama yang belum pernah ada sebelumnya, menurut penanggalan para ahli, kelahiran itu pada tanggal 12 Rabiul awal tahun Gajah atau tanggal 20 April 571 M.

Kematian Ibu dan Kakek
Kemudian pulang kembali ke mekah, dalam perjalanan pulang pada suatu tempat, “abwa” namanya, tiba-tiba aminah jatuh sakit sehingga meninggal dan dimakamkan disitu juga (Abwa’ ialah nama sebuah desa yang terletak antara madinah dan juhfah.betapa sedih hati Muhammad, dari kecil tak mengenal ayahnya kini harus pulang berpisah dengan ibunya. Orang tua yang baik hati itu atau disebut juga dengan kakeknya Abdul muthalib meninggal pula dengan usia delapan puluh tahun.

Pengalaman Penting Nabi Muhammad Saw.
Diwaktu Nabi Muhammad saw berumur ± 15 tahun terjadilah peristiwa yang  bersejarah bagi penduduk mekah, yaitu kejadian peperangan antara suatu Quraisy dan kihanah disatu pihak, Nabi Muhammad ikut aktif dalam peperangan ini memberikan bantuan kepada paman-pamannya dengan menyediakan keperluan peperangan. Peperangan ini terjadi di daerah suci yaitu bulan Zulqaedah. Perang itu dinamakan Harbul Fijar artinya perang yang memecahkan kesucian.

Akhlak Nabi Muhammad saw
Nabi Muhammad saw beliau tekenal sebagai seorang yang jujur. Berbudi luhur, dan mempunyai kepribadian yang tinggi. Ahli sejarah menuturkan, bahwa Nabi Muhammad saw, sejak kecil hingga dewasa tidak pernah menyembah berhala, dan tidak pernah pula makan daging hewan yang disembelih untuk korban berhala seperti lazimnya orang Arab Jahiliyah pada waktu itu.

Muhammad menjadi Rasul
Ketika menginjak usia empat puluh tahun, Muhammad saw lebih banyak mengerjakan tahannuts daripada waktu-waktu sebelumya pada bulan ramadhan dibawanya pembekalan lebih banyak dari biasanya. Karena akan ber-tahannuts lebih lama dari pada waktu-waktu sebelumnya.
Pada malam  17 ramadhan, bertetapan dengan 6 agustus tahun 610 mesehi. Diwaktu nabi Muhammad saw sedang bertahannuts di gua hira, datanglah malaikat jibril a.s membawa tulisan dan menyusun Muhammad untuk membacanya, katanya: “bacalah” dengan terperanjat Muhammad saw menjawab : “ aku tidak dapat membawa, begitu juga seterusnya Muhammad menjawab, dan akhirnya Muhammad saw berkata : “apa yang kubaca kata jibril:
Artinya : bacalah dengan nama tuhanmu yang menjadikan manusia dari segumpal darah, dan tuhanmu teramat mulia yang mengajarkan dengan pena (tulis baca) mengajarkan kepada manusia apa yand tidak diketahuinya.

(Surat 96 Al’alm 1-5)
Inilah wahyu yang pertama yang diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Muhammad saw dan inilah pula saat penobatan beliau sebagai Rasulullah saw atau utusan Allah kepada seluruh umat manusia, untuk menyampaikan risalahnya.

Tugas Nabi Muhammad saw
Selama lebih kurang dua setengah tahun lamanya sesudah menerima wahyu yang pertama. Barulah Rasulullah menerima wahyu yang kedua. Dalam keadaan berselimut itu, datanglah Jibril a.s menyampaikan wahyu Allah yang kedua kepada beliou  yang berbunyi:
“Hai orang yang berselimut, bangun dan berilah peringatan; besarkanlah (nama) tuhanmu, bersihkanlah pakaianmu, jauhilah perbuatan maksiat, janganlah kamu memberi, karena hendak memperoleh yang lebih banyak, dan hendaklah kamu bersabar untuk memenuhi perintah tuhanmu”
( surat (74) Muddatstsir ayat 1-7)

Dakwah secara sembunyi-sembunyi
Sesudah Rasulullah saw menerima wahyu yang kedua ini yang menjelaskan tugas atas dirinya mulailah beliou secara sembunyi-sembunyi menyeru keluarganya yang tinggal dalam satu rumah dan sahabat beliou yang terdekat.

Menyiarkan agama islam secara terang-terangan
Tiga tahun lamanya Rasulullah saw melakukan da’watul afrad ini yaitu: ajakan masuk islam seorang demi seorang secara diam-diam atau sembunyi rumah kerumah.

Reaksi orang-orang quraisy
Pada suatu ketika, datanglah beberapa pemuka-pemuka Quraisy menemui Abu Thalib meminta agar dia menghentikan segala kegiatan Nabu Muhammad saw.

Nabi Mengalami tahun kesedihan
Yaitu wafatnya paman beliou Abu Thalib dalam usia 87 tahun tidak beberapa kemudian disusul oleh istrinya siti khadijah. Kedua macam musibah terjadi pada tahun ke 10 dari masa kenabian.

Nabi Muhammad saw menjalani Isra’Mi’raj
Maka nabi Muhammad saw menjalani isra’ mi’raj maka nabi Muhammad saw diperintahkan oleh Allah swt menjalani Isra’ mi’raj dari mekah ke baitul majelis di palestina terus naik ke langit ketujuh dan sidratul muntaha.



Orang Yatsrib masuk Islam
Hijrah ke Yatsrib
Yatsrib menjadi madinatul nabi y
Pada hari jum’at tanggal 12 Rabi’ul awal tahun 622 m. Nabi, Abu bakar dan Ali bin Abi Thalib memasuki kota yatsrib.

Tugas Nabi Muhammad saw selesai
Pada tanggal 2 Zulqaedah tahun ke 10 H, Rasulullah saw meninggalkan madinah  menuju mekah dengan kaum muslimin yang ikut mengerjakan haji kira-kira 100.000 orang. Sebelum menyelesaikan upacara haji, Rasulullah saw mengucapkan sebuah pidato amanat yang bernilai dihadapan kaum muslimin dibukit, Arafah pada tanggal 8 Zulhijjah 10 H.
Tiga bulan sesudah mengerjakan haji wada’ Nabi menderita demam beberapa hari.
Pada tanggal 12 Rabiul awal tahun 11 Hijriah bertepatan dengan 9 Juni 632 masehi Nabi Muhammad saw kembali kehadira Allah swt.

Wafatnya Nabi Muhammad saw

Dalam usia 63 tahun, Inna Lillahi wainna ilaihi ra’ji’un. Dua puluh tiga tahun lamanya, sejak beliou diangkat menjadi Rasul Allah berjuang tak mengenal lelah dan derita untuk menegakkan agama Islam.

No comments:

Post a Comment