Sunday, April 3, 2016

PertolonganPertamaPada Orang Sesak Nafas


 petolongan pertama pada orang sesak

Di PalangMerah Indonesia Kota Makassar, saya memiliki spesialisasi di bidang pertolongan pertama.Sekarang naik satingkat sebagaipelatihpertolonganpertama di PMI. Banyak kejadian yang tak terduga terjadi di sekeliling kita sehingga ilmu pertolongan pertama menjadi penting terlebih bagi orang yang awam.Sekarangsayamau share tentangpertolonganpertamapada orang sesaknafas yang seringkitatemui di lapangan. Bagi penderita yang mempunyai penyakitketurunanasmapastiakansangatmengangguterlebihapabilapenyakittersebuttibatibamunculdantakterduga.SangatPentingdilakukannyapertolonganpertamaataupunpencegahanuntukmengurangiintensitassesaknapastersebut agar tidaksemakinparah.
PertolonganPertama 
Adapunpertolonganpertama yang dapatdilakukankepadapenderitaasmaatausesaknafasadalahsebagaiberikut:

1. PadasaatAndamenemui orang yang terkenaseranganasmaatausesaknafas, hendaklahcari  tempat yang nyamandanberikanminumsegera. Sebaiknyaberiminum air hangat.Akan membantumenghangatkan dada penderitadanmembuatlebihenakbernafas.

2. Janganmengerumunipenderitanya, cukup 2 sampai 3 orang yang melakukanpertolongan agar sipenderitatidakbersaingdengan orang yang sehatdalam memperebutkanoksigen di sekitarnya.

3.Usahakanposisipenderitadalamkeadaansetengahdudukataududuk denganpundakbersandarpadabantalatautembokatauapasaja. Jangansekali-kali diposisikandalamposisitidurkarenaakanmakinmempersulitpenderitauntukbernafas.

4. Pentingjugauntukpenolong agar tidakpanik. Ajakjugapenderitangobrol, haltersebutakanmembantukepulihanpenderitadanjugamengurangikepanikanpenolong.

5.Penderitaasmakambuhbiasanyasudahmembawaobat inhaler peredaasmasendiri, semprotkankedalammulutnyasecukupnyadenganterlebihdahuludikocoksebelumnya. Jikatidakadabawakeluarruanganuntukmencariudarasegarsecepatnyajikaberada di dalamruangan.

6. Bantu danajaksipenderitauntukmengaturnafasnyadengantekniktarik, tahandanhembuskan nafassecaraperlahan-lahan.

7.Pijat daerah refleksiparu-parupadatelapakkaki.Teknikpijatnya harus secaraperlahanlahandenganmenggunakanjempoltangandengangerakanmemutar.


8. Apabilausahadiatastelahdilakukanselamakuranglebih 30 menit, segeralahbawapenderitakerumahsakitataufasilitaskesehatanterdekat.
Lihat video Penanganansesaknafas di sini:

No comments:

Post a Comment